RPP TIK SMP KELAS 7 (XI) - Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Wednesday, 14 September 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 33 Medan
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Waktu / Jam Pelajaran : 2 x 40 Menit

A. Standar Kompetensi
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang

B. Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang.

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu untuk:
1. Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
2. Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
3. Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang etika
4. Mendeskripskan perkembangan TIK beserta fungsinya

D. Materi Pembelajaran Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

1. Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

Periode sebelum masehi, manusia berkomunikasi dengan cara menggambar di dinding-dinding gua tentang kegiatan sehari-hari mereka. Tulisan-tulisan masih dalam bentuk simbol-simbol seperti pada huruf hilroglif yang digunakan oleh bangsa Mesir kuno.

Masa setelah teknologi lahir, kita kemudian mengenal Telagraf, Telepon, Radio dan Televisi sebagai alat komunikasi.

2. Sejarah Perkembangan Komputer

Istilah komputer berasal dari kata "to compute" yang berarti menghitung. Maka itu, sejarah komputer tidak dapat dilepaskan dari perkembangan alat hitung, mulai dari yang paling sederhana seperti Sempoa (abascus) kemudian lahirlah kalkulator dan akhirnya menjelma sebagai komputer.

Abascus tercipta seiring telah ditemukannya lambang bilangan, yang paling tua ditemukan di Mesir pada masa Fir’aun. Setelahnya, bermacam alat hitung kemudian ditemukan.

Kalkulator dengan roda pertama sekali dibuat oleh Blaise Pascal tahun 1642, alat tersebut dinamakan Pascaline. Digunakan hanya untuk penjumlahan dan pengurangan delapan digit angka.

Di tahun 1820-an Charles Babbage membuat komputer mekanik pertama yang mampu menyimpan program dan melakukan perhitungan serta mencetak hasilnya secara otomatis.

Herman Hollerith pada tahun 1888 kemudian menemukan mesin Punch Card Counting yang menggunakan sistem kartu berlubang, merupakan salah satu penemuan paling gemilang di bidang komputerisasi pada masa itu dan digunakan untuk menghitung data sensus kependudukan di Amerika. Hollerith kemudian mendirikan Tabulating Machine Company yang merupakan cikal bakal dari perusahaan raksasa IBM (International Business Machine).

a. Komputer Generasi Pertama
Perang Dunia II merupakan masa paling berkembangnya komputer untuk kepentingan peperangan.
Tahun 1914, Konrad Zuse dari Jerman membangun komputer bernama Z3 yang berfungsi untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pada tahun 1944 Howard Aiken, seorang insinyur Harvard University bekerja sama dengan IBM menciptakan Mark I, sebuah komputer yang mampu menyelesaikan perhitungan yang rumit. Penerus Mark I adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang bekerja seribu kali lebih cepat dari Mark I.

Pada masa tersebut, komputer dibuat hanya untuk menyelesaikan tugas tertentu. Kecepatan pengolahan datanya juga sangat lambat. Ukuran komputer juga sangat besar dikarenakan penggunaan Tube Vakum serta membutuhkan daya listrik yang kuat. Untuk menyimpan data digunakan Silinder magnetik.

b. Komputer Generasi Kedua
Penemuan transistor di tahun 1948 sebagai pengganti Tube Vakum membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pengembangan memori anti-magnetik serta pengembangan bahasa pemprograman  juga membuat komputer bekerja lebih cepat serta hemat energi.

Komputer generasi kedua juga telah dapat dihubungkan dengan komponen lain seperti printer, penyimpanan dalam bentuk disket dan sebagainya.

c. Komputer Generasi Ketiga
Meski transistor mengungguli tube vacum, transistor menghasilkan panas yang cukup besar dan berpotensi merusak bagian lain komputer. Untuk itulah Jack Kilby Mengembangkan IC (Intregated Circuit) di tahun 1958. IC mampu mengkombinasikan tiga komponen dalam satu prirngan elektronik. Selain itu juga para ilmuan juga berhasil memasukkan banyak komponen kedalam sebuah chip,  membuat komputer menjadi lebih kecil.

Kemajuan lainnya adalah penggunaan Operating System (sistem Operasi) yang dapat menjalankan berbagai komponen komputer secara serentak hanya dengan sebuah program utama. Selain itu, komputer pada generasi ini menggunakan daya listrik yang lebih sedikit.

d. Komputer Generasi Keempat
Tujuan pengembangan komputer di masa ini adalah memperkecil ukuran komputer. Satu buah chip kini telah mampu menampung ribuan komponen, bentuk semakin kecil, kemampuan semakin meningkat dan harga juga semakin murah.

Personal Computer (PC) diperkenalkan oleh IBM untuk penggunaan di rumah, kantor dan sekolah. Dengan lahirnya Mokroprosesor, Komputer menuju ke arah ukuran lebih kecil dan mudah dibawa.

e. Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi ke lima merupakan komputer generasi masa depan. Dengan bantuan VLSI (Very Large Scale Integration) ribuan mikroprosesor dapat dimasukkan ke dalam sebuah mikroprosesor.

Di masa mendatang, komputer akan memiliki kemampuan yang bahkan tidak bisa kita bayangkan pada saat ini.

E. Model/Metode Pembelajaran
Model : Langsung
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan    
a. Melakukan absensi
b. Memberikan motifasi
c. Menyampaikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ingin dicapai
Estimasi waktu: 5 menit

2. Kegiatan Inti

  Eksplanasi
a. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari

  Eksplorasi
a. Guru menanyakan kepada siswa tentang Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi
b. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi
c. Siswa mengkomunikasikan apa yang mereka tidak ketahui tentang Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi

  Elaborasi
a. Guru menjelaskan tentang Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi
b. Guru menjelaskan beberapa contoh Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi
c. Guru menanyakan kepada siswa tentang Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi

  Konfirmasi
a. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran jawaban yang siswa ajukan
b. Siswa memberikan lasan mengapa mereka menguraikan jawaban tersebut
c. Dari alasan tersebut guru mulai menyimpulkan materi Sejarah perkembangan Tekonologi Informasi dan Komunikasi
Estimasi waktu: 65 menit

  3. Penutup
a. Guru memberikan pengarahan kepada siswa agar mempersiapkan diri untuk materi selanjutnya
b. Guru memberikan penugasan (terlampir)
Estimasi waktu: 10 menit

G. Sumber Belajar
Alat : Media Gambar
Bahan :  LKS
Sumber : Buku paket Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs kelas VII

H. Penilaian
Teknik : Tes Pilihan Ganda
Tes pilihan ganda (LKS)
Skor = (Skor Perolehan x 100) / 30


Silahkan download file RPP TIK ini di sini:

MS Word 2007 | MS Word

tik kelas xi, tik kelas 7, rpp tik smp terbaru, rpp tik kelas x, rpp tik kelas 7, rpp smp kelas 7, rpp smp, rpp komputer, rpp kelas 1, rpp tik, rencana pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, rencana pelaksanaan, pembelajaran rpp, informasi dan komunikasi, rencana pembelajaran smp, rencana pelaksanaan pembelajaran smp, contoh rencana pembelajaran, contoh rencana pelaksanaan pembelajaran, download rpp, rpp download, perangkat pembelajaran, download tik, download silabus, model rpp, free download rpp, perangkat pembelajaran smp

0 comments:

Post a Comment