Teka Teki Silang TIK

Monday 25 July 2011

Seragam putih biru kembali mengisi ruang kelas Juli ini. Saya pun begitu bersemangat menyambut mereka yang baru saja meninggalkan kelas VI dan sekarang menyematkan satu bintang di dada mereka.

Di minggu awal seperti ini, tidak banyak yang bisa kami lakukan. Karena penyesuaian roster, kelas dan hal lainnya sedang dalam proses perampungan.

Selain berkenalan dengan penghuni baru sekolah, rasanya akan lebih afdhal jika dapat menyelami sejauh mana pengetahuan mereka tentang mesin yang didampingi "tikus" ini dan disaat bersamaan menambahnya dengan cara yang menyenangkan.

Istri saya kemudian menyarankan untuk membuat teka-teki silang sederhana seputar komponen utama pada komputer dan beberapa alat pendampingnya. Bagi saya, itu merupakan ide bagus yang tidak mungkin dapat diacuhkan.

Di sela-sela jam kosong mengajar, saya kemudian berusaha untuk mewujudkannya. Mungkin tak sebagus TTS pada umumnya, namun sudah cukuplah menurut saya untuk membuat anak-anak didik saya bermain sambil belajar.

Pertanyaan:
1. Central Processing Unit.
2. Papan ketik computer.
3. Alat penampil data gambar dan tulisan dalam bentuk cetakan di atas kertas.
4. Jaringan komputer yang saling terhubung, biasanya digunakan untuk mencari berbagai informasi.
5. Alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik . Berbentuk seperti tikus.
6. Layar penampil data pada komputer.
7. Berukuran kecil, ringan, digunakan sebagai penyimpan data. Nama lain USB Flash Drive.
8. Panjang seperti tali dan digunakan sebagai penghubung arus listrik
9. Nama lain floppy disk atau Cakram flopi. Perangkat penyimpanan data berbentuk persegi atau persegi.
10. Nama lain dari Pemindai. Biasanya digunakan untuk memindai dokumen, foto dan lain-lain.
11. Sebuah kotak yang mewadahi komponen-komponen komputer.
12. Sistem operasi  yang dikembangkan oleh Microsoft. Digunakan oleh sebagian besar computer di Indonesia.
13. Universal Serial Bus. Penghubung berbagai perangkat computer seperti Flashdisk, Printer atau scanner.
14. compact disc read-only memory. Piringan optik yang dapat menyimpan data.


Untuk "TTS TIK" lebih lengkapnya dapat di download di sini:



TTS-TIK.docx (MS Word 2007) atau TTS-TIK.doc (MS Word)


tts tik, teka teki silang tik, tts teknologi informasi dan komunikasi, teka teki silang teknologi informasi dan komunikasi, mengenal perangkat komputer

2 comments:

makasih ya?

Sekedar share saya wktu ppl dismp dan mengajar kelas 3 smp Smntara menggntikan guru tik disana ,saya menerapkan mapel tik dengan Metode tts seperti diatas yg juga Materinya menggunakan alat alat komponen komputer.. Saat itu saya tidak terpikirkan apa kah ada metode berbasis tts pada tik .. Sehingga saya inisiatif sendiri menerapkannya karna wktu itu sklah itu media komputernya tidk bisa digunakan hanya ada buku paket saja , dan saya pikir klo menjelaskan tanpa ada praktik pasti susah untuk murid mengerti dan mereka pasti malas untuk belajar, untuk itu saya fikir dengan menerapkan tts berdasarkan materi dibuku paket dan soal tts yg saya buat sendiri akan menyenangkan.. Ternyata saat saya aplikasikan mereka sangat antusias sekali dgn tts tersebut bahkan mereka berebut untuk mejawab soal itu.. Tapi metode saya bergilir menggunakan cabut undi yg semua nama akan mendapatkan giliran satu kali untuk menjawab soal tapi bagi yg salah menjawab tidk mendapat nilai...
Bhkan pada saat pembelajaran ada beberapa murid yg berbisik "wah ternyata seru ya belajar tik seperti ini' dan saya yg mendengarnya pun merasa senang.. Dan berlanjut pada minggu berikutnya mereka(murid) ingin saya yg mengajar mapel tik dikelas mereka.. Sebuah pengalaman yg sangat menyenangkan

Post a Comment